Kelebihan & Kelemahan Investasi Emas

28/02/2014 19:19

Meskipun emas batangan adalah jenis emas yang paling disarankan untuk dijadikan sebagai pilihan investasi, tetap saja jenis emas yang satu ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut adalah diantaranya.

Keunggulan Emas Batangan :

ü  Tidak terkena PPN (Pajak pertambahan nilai).

ü  Khusus emas batangan bersertifikat bisa dijual di mana saja dan kapan saja (sangat likuid) dengan harga sesuai harga emas internasional.

ü  Apabila kita membeli dalam unit satu kiloan tidak terkena biaya cetak.

ü  Nilai jual kembali tinggi karena mengikuti harga emas internasional.

Kelemahan Emas Batangan :

v  Jika kita menyimpan emas satu kilogram dan hanya butuh 10 gram untuk keperluan tunai, harus dijual dahulu. Sebagian diuangkan (tunai) dan sebagian dibelikan lagi dalam unit yang lebih kecil.

v  Jika kita menyimpan unit kecil, misal 5 gram atau 10 gram maka biaya cetaknya akan cukup tinggi.

v  Tidak mudah diperjual belikan antar sesama pengguna karena terkendala ukuran. Pengguna yang butuh 100 gram tidak akan tertarik membeli dari pengguna lain yang mempunyai kumpulan 10 graman. Sebaliknya, pengguna yang akan menjual 100 gram tidak bisa menjual kepada dua orang yang masing-masing hanya butuh 50 gram.

Selanjutnya ada beberapa alasan mengapa anda harus memilih emas batangan untuk investasi.

Pertama, keuntungan yang relatif tinggi. Jika kita perhatikan, selama ini rata-rata kenaikan harga emas batangan di kisaran 20 persen per tahun. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menyebut emas batangan sebagai tahan inflasi. Kenaikan nilai tahunan emas batangan selalu lebih tinggi di atas inflasi rata-rata.

Kedua, emas batangan mempunyai likuiditas yang tinggi. Tingkat likuiditas emas batangan jauh lebih tinggi dibanding properti, bahkan lebih tinggi di banding investasi berbasis kertas (saham dan reksadana). Jika kita mempunyai emas batangan secara fisik dan kita perlu uang, kita cukup ke toko emas terdekat untuk menjualnya atau ke pegadaian (baik konvensional maupun syariah) untuk menggadaikannya dan saat itu juga uangnya bisa langsung cair.

Ketiga, emas batangan tidak bisa diintervensi oleh siapapun karena nilai emas batangan bergantung kepada mekanisme pasar. Berbeda sekali dengan uang kertas yang nilainya bisa saja dipotong atau didenominasi.

Keempat, emas batangan membuat kita mandiri. Kita benar-benar berkuasa penuh atas emas batangan kita sebagai sebuah investasi, tidak perlu bergantung kepada pihak lain.

Kelima, investasi emas batangan bebas pajak. Karena emas batangan dikategorikan sebagai bahan baku, tidak dikenakan pajak apapun terhadap emas batangan. Bukankah itu cukup menarik?  

 

Artikel Surya Gold Bar (sgb gold)

Hak cipta dilindungi@2014

Back

Contact

sgbgold
PD PASAR JAYA CENGKARENG JAKARTA BARAT INDONESIA.

087731333475
e-mail : suryagoldbar24k@gmail.com

SGB GOLD © 2014 All rights reserved.

Make a free websiteWebnode